WhatsApp Image 2020-06-29 at 07.54.37

Penanganan Covid 19 di Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pemprov Jateng Turusgede, Rembang

Rembang, 27 Juni 2020. Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Turusgede, Rembang dilaporkan menjadi cluster terpapar covid19. Sebanyak 7 Petugas dan 9 Penerima Manfaat (PM) positif terpapar covid 19. Oleh karenanya Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah sebagai induk dari seluruh Panti Sosial Negeri di Jawa Tengah bersinergi mengambil langkah cepat dengan Pemerintah Kabupaten Rembang dan Fasilitas Kesehatannya, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Bapelkes RI, BPBD, dan Tagana.

Seluruh pasien positif covid19 dirujuk dan diisolasi di RSUD Kabupaten Rembang. Dan Selanjutnya seluruh panti dilaksanakan isolasi mandiri. Seluruh kebutuhan pangan dan kebutuhan diri difasilitasi oleh Dapur Umum tim Tagana. Sedangkan kebutuhan kesehatan difasilitasi Dinkes dan Bapelkes. Begitu juga dengan fasilitas sterilisasi panti oleh BPBD.

Sekretaris Daerah Heru Setiadhie, SH, M.Si bersama Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Harso Susilo, ST, MM sempat meninjau kondisi di Panti Sosial Turusgede, Rembang. Dan sesuai arahan Bapak Sekda Panti dengan 2 petugas kembali dapat menyiapkan permakanan untuk PM dengan dibantu perbelanjaan bahan pangan dari Rumah Pelayanan Sosial (Rumpelsos) Margo Mukti, Rembang. Berikut juga didirikan Posko Kesehatan dengan petugas dari RSJD Dr. Amino Gondohutomo, Dinkes Prov Jateng, UPT Bapelkes RI Pati, dan Dinkes Kab. Rembang.

 

Seluruh PM yang masih di berada di dalam Panti dilaporkan sehat. Seluruhnya terdapat 42 PM, 10 kondisi Bedrest dan 32 di evakuasi untuk dipantau kesehatannya secara intensif.

 

Begitu pula seluruh pasien yang dirujuk ke RSUD Rembang dilaporkan sehat dan tanpa gejala. Selanjutnya sembari diberikan pantauan kesehatan dan daya tahan tubuh dapat kembali bertugas jika dinyatakan negative kembali.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *