IMG_4933

PEMBINAAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN (TKSK)

 

Semarang, 5 Februari 2018. Dalam rangka meningkatkan meningkatkan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan, Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah mengundang sebanyak 573 orang TKSK untuk mengikuti kegiatan pembinaan. Bertempat di Aula Tat Twan Asi Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, kegiatan tersebut dihadiri seluruh Pejabat Struktural di lingkungan Dinas Sosial Provinsi Jawa tengah serta TKSK se- Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH, MIP berkesempatan hadir dan memberikan arahan serta motivasi kepada seluruh TKSK se- Jawa Tengah. Keberadaan TKSK di Jawa Tengah sangat penting, karena merupakan kepanjangan tangan pemerintah dalam menangani masyarakat yang mengalami permasalahan sosial. “TKSK itu keberadaannya penting, misalnya ada laporan mengenai PMKS dari masyarakat, TKSK dengan cepat menjangkau dan melayani PMKS. Hal ini membuktikan bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat pada saat dibutuhkan dan ini dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat (public trust) kepada pemerintah”, ungkapnya. “TKSK juga dapat menjadi narasumber pada pelaksaan diklat bagi ASN” lanjutnya.

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Jawa tengah memberikan apresiasi atas kinerja TKSK dengan memberikan penghargaan kepada TKSK yang telah berhasil melaksanakan pendampingan, penyaluran dan pencairan KJS kepada penerima manfaat dengan capaian 90%. Pemerintah Provinsi Jawa tenagh juga telah memberikan dukungan dan perhatian dalam bentuk peningkatan tali asih kepada TKSK.

 

 

TKSK sebagai perwujudan partisipasi masyarakat dan ujung tombak penyelenggara kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan, maka pengetahuan dan keterampilan perlu ditingkatkan. Untuk itu, Dinas Sosial Provinsi Jawa tengah menghadirkan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah serta PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (BPD Jateng) untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada TKSK mengenai perijinan dan penguatan usaha mikro, kecil dan menengah serta akselerasi proses pencairan Kartu Jawa Tengah Sejahtera (KJS).

Dengan terselenggaranya kegiatan pembinaan TKSK oleh Gubernur Jawa Tengah, diharapkan kinerja TKSK semakin meningkat, kerjasama dan koordinasi antara TKSK dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta stakeholder dalam menangani PMKS juga semakin kuat, sehingga hal ini dapat berdampak terhadap optimalnya penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Jawa Tengah. [text:tgh-tfk | editor:bm-afd | foto : aj]

 

 

Berita oleh : TIM PPID DINSOS PROV JATENG

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *