IMG_3621

OPTIMALISASI DAN SINERGITAS PERAN DUNIA USAHA DAN PILAR SOSIAL LAINNYA DI JAWA TENGAH DALAM PENANGANAN PMKS

Purwokerto, 15 Maret 2018. Bertempat di Cafe dan Resto Oemah Daun, Purwokerto, Jawa Tengah, Dalam rangka mensosialisasikan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 460/103 Tahun 2017 pada tanggal 10 November 2017. Dan mensosialisasikan terbentuknya Pokja Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (FTJSLP) bidang Kesejahteraan Sosial. Kegiatan tersebut dihadiri Pejabat lingkungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Pejabat lingkungan Dinas Sosial Kabupaten/kota, Perwakilan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota, Perwakilan Panti/Sasana Pelayanan Sosial, Perwakilan SKPD kabupaten/kota, dan Perwakilan Dunia Usaha. Selain itu juga hadir sebagai Narasumber dari Biro Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa Tengah, PT Indonesia Power UP Mrica, Pilar Sosial Berprestasi (TKSK).

Kegiatan dibuka dan diresmikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah bapak Wadyo, SH, MM. Didalam sambutan beliau menyampaikan bahwa “Tanpa adanya dukungan juga peran serta masyarakat dan Dunia Usaha, mustahil permasalahan sosial dapat ditangani sesuai yang diharapkan. Keterlibatan Dunia Usaha dalam penanganan masalah-masalah sosial menjadi penting, mengingat perkembangan tuntutan ekonomi sangat pesat, kompleksitas masalah sosial, dan keterbatasan kemampuan Negara. Sehingga diperlukan adanya sinergitas program-program penanganan kesejahteraan sosial antara Pemerintah dan Dunia Usaha”.

Kegiatan Optimalisasi Dan Sinergitas Peran Dunia Usaha Dan Pilar Sosial Lainnya Di Jawa Tengah Dalam Penanganan PMKS juga dilaksanakan di 6 eks Karisidenan dengan lokasi kegiatan yaitu kabupaten Karanganyar 13 Maret 2018 dan akan dilaksanakan lagi pada 20 Maret 2018 di kota Magelang, 22 Maret 2018 di Kabupaten Kudus, 27 Maret 2018 di kabupaten Kendal dan 29 Maret 2018 di Kabupaten Tegal.

Dengan terselenggaranya kegiatan Optimalisasi dan Sinergitas Peran Dunia Usaha dan Pilar Sosial Lainnya dalam penanganan PMKS diharapkan dapat :

  1. Mengoptimalisasikan dan mensinergikan peran dunia usaha dan pilar sosial lainnya di Jawa tengah dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial di Jawa Tengah.
  2. Mensosialisasikan keberadaan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (FTJSLP) Provinsi Jawa Tengah dan Pokja FTJSLP bidang Kesejahteraan Sosial yang akan mengkoordinasikan pelaksanaan TJSLP.
  3. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian dunia usaha di Jawa Tengah tentang pentingnya TJSLP yang bersifat internal dan eksternal dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial di Jawa Tengah.
  4. Memberikan inspirasi dan motivasi kepada dunia usaha agar melaksanakan TJSLP khususnya dalam bidang kesejahteraan sosial secara berkesinambungan dalam membantu terwujudnya program yang terintegrasi antar lintas sektoral, lembaga sosial dan dunia usaha dalam penanganan PMKS di Jawa Tengah.
  5. Terkoordinasinya kegiatan kemitraan antara pemerintah, dunia usaha, dan unsur masyarakat melalui pokja FTJSLP bidang kesejahteraan sosial dalam penanganan PMKS di Jawa Tengah
  6. Meminimalisir duplikasi sinergitas program TJSLP yang dilaksanakan oleh Dunia Usaha.(txt:bm, edtr:adz)

 

 

Berita oleh : TIM PPID DINSOS PROV JATENG

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *