IMG_6074

FORUM PERANGKAT DAERAH PENYUSUNAN RENCANA KERJA TAHUN 2019

Semarang, 8 Maret 2018. Bertempat di Aula Tat Twan Asi Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Dalam rangka implementasi dari Undang – undang nomor 23 tahun 2018 tentang Pemerintah Daerah. Demi menaungi kewenangan Penyelenggaraan Pemerintahan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota maka dibentuk forum komunikasi perangkat daerah untuk menyusun rencana kerja tahun 2019. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Pejabat Struktural di lingkungan Dinas Sosial Provinsi Jawa tengah, Perwakilan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah Bapak Yudi Indras Windarto, Perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Tengah Drs Edy Wahyowo M.Si, Ketua LP2M Universitas Negeri Semarang Prof. Dr Etty Soesilowati M.Si dan seluruh peserta Forum Perangkat Daerah pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan dibuka dan diresmikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah bapak Drs Nur Hadi Amiyanto M.Ed. Didalam sambutan beliau menyampaikan bahwa “Prioritas Pembangunan Jawa Tengah tahun 2019 serta Isu Strategis yang berkembang bertemakan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial berpersktif HAM yang berkelanjutan. Sehingga arah kebijakaan pembangunan Jawa Tengah 2019 ditujukan guna pencapaian Daya Saing Wilayah dan Masyarakat Jawa Tengah berlandaskan pada Sumber Daya Manusia yang semakin berkualitas, Pelayanan dasar yang semakin luas dan konsuktivitas wilayah yang semakin Mantab serta memperhatikan keberlanjutan lingkungan”.

Berdasarkan arahan yang disampaikan oleh bapak Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah guna mmendukung prioritas pembangunan Jawa Tengah maka Rencana Kerja dibagi menjadi :

  1. Penanggulangan Kemiskinan
    Dilaksanakan melalui Program penanganan Fakir Miskin dan Program Rehabilitasi Sosial yang meliputi penyediaan Basic Life Acces  untuk penduduk miskin perkotaan dan perdesaan, penguatan Sustainable Livelihood, dan perkuatan Basis Data, Basis Spasial yang berdasar komunitas dan pendampingan berkelanjutan serta pelibatan swasta dan pihak lainnya dalam mengatasi kemiskinan.
  1. Pengelolaan Sumber Daya Alam, Linkungan Hidup, dan Penanggulanan Bencana
    Dilaksanakan melalui Program Perlindungan dan Jaminan Sosial sebagai upaya meningkatkan penanggulangan bencana dengan mengurangi dan antisipasi resiko bencana.
  1. Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia
    Dilaksanakan melalui Program Rehabilitasi Sosial dan Pemberdayaan Sosial guna melakukan perbaikan kualitas dan akses penyelenggaraan pendidikan melalui peningkatan peran lembaga pemerintah dan non pemerintah.

Kegiatan forum ini diharapkan akan mendapat banyak masukan ide dan gagasan yang dapat diimplementasikan kepada PMKS khususnya dan Masyarakat pada umumnya. Salah satu ide yang segera akan diimplemtasikan adanya kegiatan Day Care dan Home Care dengan metode jemput bola sehingga permasalahan daya tampung UPT dan perluasan layanan dapat sekaligus tercapai.

 

 

 

 

Berita oleh : TIM PPID DINSOS PROV JATENG

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *