ziarah

Ziarah Wisata “Pengenalan Nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan Dan Restorasi Sosial”

Ziarah Wisata “Pengenalan Nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan Dan Restorasi Sosial”

Semarang, 9/7 bertempat di Taman makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal semarang dilaksanakan kegiatan Ziarah Wisata Pengenalain Nilai Nilai keperintisan Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, kegiatan ini Sebagai upaya pengenalan nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial bagi Pelajar SD dan SMP di Kota Semarang. Tersosialisasikannya nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial di kalangan pelajar SD dan SMP.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Drs. Nur Hadi Amiyanto, M.Si menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya, sudah selayaknya menghormati dan menghargai para Pahlawan/ Pejuang yang telah mencurahkan segala perhatian, pengabdian dan pengorbanan jiwa, raga maupun harta, demi kemerdekaan dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sejarah mencatat bahwa untuk mendirikan NKRI, diperlukan proses perjuangan yang panjang, dan amat berat, oleh para Pahlawan/ Pejuang demi  tercapainya kemerdekaan NKRI.

Para Pahlawan/ Pejuang dalam merebut kemerdekaan tersebut, telah mewariskan nilai-nilai luhur kepada kita semua. Nilai-nilai luhur tersebut adalah Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan; nasionalisme dan patriotisme; teguh dalam pendirian dan cita-cita; berani dan rela berkorban; anti segala bentuk penjajahan dan diskriminasi; persatuan dan kesatuan; kesetiakawanan dan kebersamaan; loyalitas kepada bangsa dan negara; berbudi luhur dan dapat dipercaya; kebebasan berpikir, berpendapat dan berkreasi; ulet dan tabah menghadapi tantangan; disiplin; idealisme dan profesionalisme. Nilai-nilai luhur inilah yang dinamakan Nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial.

Dengan mengenalkan tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah perjuangan tersebut, diharapkan akan tumbuh rasa penghormatan dan meneladani nilai-nilai yang diwariskan para pejuang bangsa, sehingga dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang diwariskan sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Dengan mengimplementasikan atau mengamalkan nilai-nilai luhur yang diwariskan para Pahlawan/ Pejuang tersebut, generasi muda hendaknya dapat menyikapi perkembangan yang terjadi, dan membuktikan dengan hal-hal yang positif dan nyata, sehingga kejadian-kejadian seperti pergaulan bebas, kejahatan, penyalahgunaan narkoba, tawuran antar pelajar, perkelahian yang cenderung mengkhawatirkan kelanjutan masa depan bangsa tidak akan terjadi.

Selanjutnya para generasi muda/ generasi penerus bangsa ini, di kemudian hari, dapat mencurahkan segala keberadaan dan kemampuannya, berjuang untuk membangun Bangsa Indonesia yang tercinta ini, menjadi bangsa yang mandiri, bersatu, damai, berpikir kreatif, rasional, demokratis, dan kritis dalam menuntaskan segala masalah yang ada di NKRI, sehingga NKRI menjadi negara yang maju dan negara yang sejahtera yang lebih dihormati oleh negara lain.

Dalam rangka memenuhi harapan tersebut diatas, maka untuk mengenalkan dan menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pahlawan/ pejuang kepada generasi muda, Pemerintah melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan beberapa kegiatan salah satunya adalah Ziarah Wisata Pengenalan Nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial kepada Pelajar SD dan SMP. (kdr)