beliung

TAGANA bersama Relawan Gotong Royong bersihkan Pohon Akibat Puting Beliung di Banyumas

PURWOKERTO (24/1) Hujan deras yang disertai angin kencang menerjang Desa Dermaji Kecamatan Lumbir pada sore hari tadi pukul 14.30 WIB. Puluhan pohon pinus tumbang menimpa jaringan listrik sehingga memutus listrik termasuk tiang listrik tersebut. Sampai dengan proses penanganan tadi malam pukul 20.00 WIB, wilayah Desa Dermaji khsusunya Grumbul Sirongge, Grumbul Citunggul dan Grumbul Pangkalan gelap gulita karena jaringan listrik terputus.

Tim Tagana Banyumas, Relawan Bpbd Banyumas, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas beserta warga Grumbul Siroingge dan Grumbul Pangkalan bahu membahu menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga. Di Grumbul Sirongge terdapat 3 buah rumah tertimpa pohon yakni milik Supri Rasto warga RT 02 RW 04, Sawan warga RT 02 RW 05 dan Ibu Rasiwen janda seorang diri warga RT 02 RW 04. Dari ketiga rumah tersebut, kerusakan paling parah dialami oleh rumah Ibu Rasiwen, rumah tertimpa pohon pada bagian atap sehingga hancur pada bagian atas rumah mengakibatkan rumah tidak dapat ditempat tinggali untuk sementara waktu. Di Grumbul Pangkalan terdapat 2 buah rumah yang tertimpa pohon yakni rumah miliki Eko Waluyo warga RT 05 RW 06 dan rumah Sutarjo Disun warga RT 04 RW 06. Dari kedua rumah tersebut, kerusakan parang dialami oleh Sutarjo Disun, rumah tersebut tertimpa pohon kelapa pada bagian depan rumah tepatnya ruang tamu sehingga mengakibatkan genteng hancur dan atap dapur juga hancur tertimpa pohon sengon.

“Begitu kami mendapat informasi dari BPBD Kabupaten Banyumas, Kami langsung menuju ke TKP tepatnya di Grumbul Pangkalan, dan segera menyingkirkan pohon kelapa tersebut. Termasuk menebang pohon kelapa yang sudah mati dan kebetulan tepat di depan rumahnya Bapak Sutarjo Disun” tutur H Ady Candra Candra Komandan Tagana Banyumas disela – sela proses pembersihan.

Wahyu Cahyoko warga Dermaji menuturkan “angin kencang mulai terasa pada pukul 14.30 WIB, kami bersama warga membuka akses jalan terlebih dahulu karena ada pohon pinus yang roboh melintang menutup jalur utama masuk ke wilayah Grumbul lain dari pusat Desa Dermaji, agar supaya Tim Relawan dan warga bisa melalui jalur tersebut. Baru kami kemudian meunju ke beberapa lokasi kejadian yang paling parah yakni di Grumbul Sirongge dan Grumbul Pangkalan”.

Sementara di tempat lain yakni di Grumbul Karangnangka RT 04 RW 07 Desa Banjarnayar Kecamatan Pekuncen ada bencana tanah longsor. Hujan deras yang mengguyur kawasan Pekuncen pada pukul 15.00 WIB, mengakibatkan talud rumah Ibu Kasanah (60 th) sepanjang 20 meter tinggi 2 meter longsor, dan limpasan aliran selokan mengakibatkan longsor yang menjebol kamar dan membanjiri dapur rumah Ibu Katini (60 th). POLSEK Pekuncen, KORAMIL Pekuncen beserta warga sekitar membersihkan material tersebut. Sedangkan longsoran talud akan diperbaiki keesokan harinya. ( Kodir)