Logo-Prov-Jateng-iloveimg-resized

Alur Prosedur Pengadopsian Anak

Prosedur adopsi anak di Indonesia diatur dalam Keputusan Menteri Sosial RI No 41/HUK/Kep/VII/1984, tentang Petunjuk Pelaksanaan Perizinan Pengangkatan Anak. Sebelum mengadopsi anak, Anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

Pertama, Anda dan pasangan harus berstatus menikah dengan usia minimal 25 tahun dan maksimal 45 tahun. Kedua, minimal Anda dan pasangan telah menikah selama 5 tahun saat pengajuan pengangkatan anak. Anda dan pasangan juga harus menyerahkan dokumen tertulis berupa keterangan apakah Anda tidak memungkinkan memiliki anak kandung dari dokter ahli, tidak memiliki anak, memiliki satu anak kandung, atau hanya memiliki satu orang anak angkat tetapi tidak mempunyai anak kandung.

Ketiga, Anda dan pasangan harus memiliki kondisi keuangan dan sosial yang mapan. Jika Anda atau pasangan berkewarganegaraan asing, maka Anda perlu menyerahkan surat keterangan dari negara asal bahwa Anda memiliki kondisi keuangan dan sosial yang mapan. Keempat, jika Anda bukan warga negara Indonesia, Anda juga harus memperoleh persetujuan tertulis dari pemerintah negara asal pemohon bahwa Anda diperbolehkan mengadopsi anak.

Kelima, melampirkan surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian dan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa Anda dan pasangan sehat secara jasmani dan rohani. Keenam, bagi pasangan yang bukan warga negara Indonesia, Anda setidaknya telah menetap di Indonesia selama tiga tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang.

Ketujuh, Anda dan pasangan telah merawat dan memelihara anak yang akan diadopsi tersebut sekurang-kurangnya enam bulan untuk balita, dan satu tahun untuk anak yang berumur 3-5 tahun. Kedelapan, Anda juga harus melampirkan surat pernyataan secara tertulis yang menyatakan bahwa pengangkatan anak tersebut semata-mata untuk kepentingan dan kesejahteraan anak yang bersangkutan.

Kesembilan, mengadopsi anak tidak hanya berlaku bagi pasangan suami istri. Wanita atau pria yang masih lajang juga diperbolehkan untuk mengadopsi anak asal mempunyai motivasi yang kuat untuk mengasuh anak. ref:hellosehat

 

PROSEDUR-ADOPSI-ANAK-OLEH-DINSOS-JATENG

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *